Wednesday, December 30, 2015

7 Faktor Umum Penyebab Alergi

Alergi bisa sangat mengganggu kehidupan kita sehari-hari. Sejauh ini tidak ada obat yang bisa menyembuhkan alergi secara total, namun kita bisa mencegah timbulnya alergi dengan mengetahui hal-hal apa saja yang menimbulkan alergi.

Berikut ini kami sajikan 7 faktor umum penyebab alergi:

1. Serbuk Sari

Serbuk sari dari tumbuh-tumbuhan dapat menimbulkan alergi. Efek yang timbul bisa bermacam-macam efek yang ringan seperti bersin-bersin sampai demam. Untuk mengatasi nya pembaca bisa menjaga lingkungan sekitar dengan menutup jendela saat angin sedang kencang dan menyalakan AC, pembaca juga bisa menggunakan obat anti alergi yang dijual di apotek-apotek.


2. Hewan Piaraan


Ludah dan kelenjar minyak di tubuh hewan piaraan dapat menyebabkan alergi. Bila hewan piaraan adalah penyebab alergi pembaca, pembaca bisa mengatasi nya dengan memandikan hewan piaraan secara berkala, dan melakukan suntik alergi.


3. Tungau


Tungau dapat hidup di ranjang, sofa, matras, karpet, tirai dan benda-benda sejenisnya. Mereka hidup di lingkungan yang lembab. Untuk mengatasi nya gunakanlah bantal anti alergi, tutuplah ranjang dan matras dengan sprei atau pembungkus dan cucilah karpet, tirai, sprei seminggu sekali dengan air panas.


4.Gigitan Serangga


Gigitan serangga dapat menyebabkan ruam dan bengkak hingga muntah-muntah dan demam. Dalam beberapa kasus efek serangga bisa menyebabkan kematian, dalam dunia medis hal ini disebut anaphylaxis. Bila pembaca alergi terhadap gigitan serangga, sangat disarankan untuk menyimpan persediaan obat anti alergi yang bernama epinephrine, pembaca juga bisa melakukan suntik alergi sebagai langkah pencegahan.


5. Makanan


Susu, kacang-kacangan, kerang, dan telur merupakan makanan yang umum menyebabkan alergi. Reaksi dari memakan makanan tersebut bagi penderita alergi bisa bermacam-macam seperti sulit bernapas, ruam-ruam, muntah-muntah, diare, pembengkakan di daerah mulut. Jauhilah makanan-makanan tersebut bila pembaca menderita alergi jenis ini. Bila reaksi alergi pembaca semakin parah pembaca perlu melakukan suntik alergi.


6. Kecoa


Kecoa memiliki sejenis protein yang bisa menyebabkan reaksi alergi. Bersihkanlah rumah pembaca dari kecoa dengan obat pembunuh serangga, dan jagalah kebersihan di WC dan dapur.


7. Obat-obatan


Beberapa jenis obat-obatan seperti aspirin dan penisilin bisa menyebabkan reaksi alergi. Bila pembaca alergi terhadap obat-obatan jenis ini, sebaiknya pembaca tidak mengkonsumsi obat-obatan tersebut. Untuk reaksi alergi yang ringan, dokter akan menyarankan pengobatan dengan steroids dan antihistamines.


No comments:

Post a Comment