Monday, December 28, 2015

Panduan Menumbuhkan Rambut Botak

Kebotakan merupakan masalah yang umum terjadi dewasa ini. Hal ini bisa dialami oleh siapa saja baik wanita maupun pria. Melalui artikel ini kita akan membahas apa penyebab kebotakan, dan bagaimana cara mengatasi nya.


Apa Penyebab Kebotakan?
 

Ada banyak sekali faktor yang bisa mengakibatkan kebotakan. Namun untuk sebagian besar orang, penyebab kebotakan adalah sederhana: proses penuaan dan faktor keturunan. Kondisi emosional yang ekstrim seperti depresi yang berkepanjangan juga merupakan faktor lain dari kebotakan.

Beberapa kondisi penyakit seperti thyroid dan alergi terhadap obat juga merupakan faktor umum penyebab kebotakan. Bila pembaca ragu-ragu, sangat disarankan untuk melakukan medical check-up kepada dokter atau rumah sakit terdekat untuk mengetahui dengan pasti apa penyebab kebotakan pembaca.


Beberapa Tipe Kebotakan

Di dalam dunia medis dikenal beberapa jenis tipe kebotakan:

1. Alopecia Areata


Alopecia Areata merupakan tipe kebotakan yang terjadi secara tiba-tiba dan ditandai oleh satu atau beberapa area kecil kebotakan.








2. Telogen effluvium


Telogen effluvium merupakan kerontokan rambut yang terjadi secara tiba-tiba, disebabkan karena kondisi stress dan depresi.







3. Anagen effluvium


Anagen effluvium merupakan tipe kebotakan yang terjadi dengan cepat. Disebabkan oleh paparan bahan kimia atau efek samping dari obat-obatan











7 Penyebab Umum Kebotakan


Berikut ini adalah 7 penyebab umum kebotakan:

1. Genetic

Genetic adalah penyebab utama kebotakan pada pria, dan tidak ada yang bisa kita lakukan untuk mencegah hal ini. Perawatan rambut hanya bisa memperlambat proses kebotakan namun bukan solusi permanen untuk mengatasi kebotakan tersebut.

2. Kondisi Emosional

Kondisi emosional yang berlebihan seperti stress dan kesedihan yang mendalam bisa menyebabkan kebotakan. Tubuh akan merespon keadaan stress dengan melepaskan sejumlah hormon. Hormon-hormon yang dilepaskan dalam jumlah berlebihan bisa memberikan efek samping kebotakan.

3. Kekurangan Vitamin dan Mineral

Kekurangan vitamin dan mineral terutama zat besi, vitamin B dan protein bisa menyebabkan kebotakan.

4. Obat-Obatan

Beberapa obat-obatan seperti obat anti-thyroid, terapi hormon, dan lainnya bisa menyebabkan kerontokan rambut.

5. Kemoterapi

Kemoterapi juga salah satu faktor yang bisa menyebabkan kebotakan. Kemoterapi adalah tipe pengobatan untuk penyakit kanker. Tipe pengobatan ini menghambat sel kanker untuk tumbuh, namun sayang nya dalam proses nya, pengobatan ini juga turut menghambat sel-sel tubuh lainnya. Salah satu nya adalah folikel rambut.

6. Infeksi

Ada beberapa jenis infeksi yang bisa mempengaruhi kulit kepala dan rambut. Salah satu infeksi yang umum mempengaruhi kulit kepala adalah kurap (ringworm). Kurap disebabkan oleh lingkungan atau pola hidup yang tidak bersih seperti air yang kotor. Keadaan ini menyebabkan jamur tumbuh di kulit kepala dan mengakibatkan kurap.

7. Penyakit Thyroid (hypothyroidism)

Hypothyroidism merupakan penyakit di mana kelenjar thyroid tidak mampu memproduksi hormon-hormon yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang cukup. Kelainan ini bisa disebabkan oleh kelainan kandungan, penyakit daya tahan tubuh atau operasi pengangkatan kelenjar thyroid.


7 Hal Yang Harus dan Jangan Dilakukan Ketika Mengalami Kebotakan


  1. Jangan menggunakan topi, bandana atau benda-benda lainnya untuk menutupi kebotakan. Penggunaan benda-benda seperti topi bisa memperparah kebotakan dengan memberi tekanan pada kulit kepala dan rambut.
  2. Jalani pola makan yang lebih sehat. Mengurangi konsumsi rokok dan alkohol dan memakan makanan yang seimbang dan cukup bisa membantu menyehatkan rambut. Mengkonsumsi secara rutin zat besi dan vitamin B juga akan membantu menyehatkan rambut.
  3. Jangan menggunakan produk-produk styling rambut secara berlebihan. Penggunaan produk-produk styling rambut secara berlebihan seperti gel dan wax bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala yang pada akhir nya mengakibatkan rambut rontok.
  4. Cobalah untuk mengurangi tingkat stress. Tingkat stress diketahui merupakan salah satu faktor umum penyebab kebotakan. Cobalah mengurangi tingkat stress yang berlebihan dengan mendengarkan musik, mengikuti kelas meditasi atau yoga.
  5. Jangan menggunakan sisir secara berlebihan. Menggunakan sisir setiap jam untuk merapikan  rambut bisa memberikan tekanan pada rambut yang menyebabkan rambut rontok. Bila pembaca perlu merapikan rambut sangat disarankan untuk menggunakan tangan saja.
  6. Jangan mencuci rambut setiap hari. Mencuci rambut setiap hari bisa menyebabkan rambut menjadi kering dan menyebabkan kerontokan.
  7. Keringkan rambut secara perlahan.
Artikel Selanjutnya:
- 7 Penumbuh Rambut Alami untuk Mengatasi Masalah Kebotakan

No comments:

Post a Comment