Wednesday, January 13, 2016

Bagaimana Cara Mencegah dan Mengobati Herpes Genetalis?

Herpes Genetalis adalah jenis penyakit kelamin menular yang disebabkan oleh virus Herpes Simplex (HSV). Virus herpes simplex terbagi menjadi 2: HSV tipe 1 dan HSV tipe 2, dan kedua-duanya sangat menular. Penularan virus bisa dilakukan melalui hubungan sexual, oleh karena itu penyakit ini juga dikategorikan sebagai penyakit kelamin yang menular. Penyakit ini bisa menginfeksi laki-laki dan perempuan.

Beberapa gejala dari penyakit ini adalah:

- luka melepuh yang menyakitkan di alat kelamin dan di sekitar area alat kelamin. Luka melepuh ini bisa pecah dan menimbulkan luka terbuka.
- merasakan sakit saat buang air kecil
- infeksi vagina pada wanita (merasakan nyeri dan bau yang tidak sedap)
- merasakan gejala seperti saat terserang flu.

Tidak obat yang bisa menyembukan penyakit ini. Sekali terinfeksi virus akan diam di dalam tubuh penderita dan dapat aktif sewaktu-waktu. Rata-rata gejala penyakit herpes genetalis akan muncul setiap empat sampai lima kali dalam waktu dua tahun. Seiring berjalannya waktu, kemunculan gejala penyakit ini akan berkurang.

Bagi penderita virus ini sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh, dan menjalani pola hidup yang sehat. Saat tubuh menjadi lemah, virus ini bisa aktif sewaktu-waktu. Jauhilah minum-minuman keras, olahraga yang cukup, pola tidur yang teratur dan makan makanan yang sehat.

Pencegahan dan Pengobatan Herpes Genitalis

Sejauh ini tidak ada obat-obatan yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit ini secara total. Pengobatan yang bisa digunakan hanyalah bersifat pencegah untuk mencegah timbulnya gejala virus ini. Obat-obatan yang paling sering digunakan untuk penderita penyakit herpes genitalis adalah: asiklovir, famsiklovir, dan valasiklovir. Penggunaan obat-obatan tersebut memerlukan resep dokter.

Untuk mencegah penyebaran virus herpes simplex, disarankan bagi penderita virus ini untuk selalu menggunakan kondom setiap akan melakukan hubungan sexual.

Mengurangi Rasa Sakit Akibat Gejala Virus Herpes Simplex

Sangat disarankan bagi penderita untuk melakukan hal-hal berikut untuk meredakan rasa nyeri dari gejala penyakit HSV:

- Bersihkan lah sekitar area yang terinfeksi dengan air garam.
- Gunakanlah es balok yang dibungkus dengan kantong teh atau flannel untuk meredakan rasa nyeri.
- Gunakanlah vaseline atau krim anti-nyeri untuk mengurangi rasa sakit akibat luka melepuh atau saat buang air kecil.
- Minumlah banyak air putih.
- Jangan gunakan pakaian yang terlalu ketat di sekitar area yang terinfeksi.

No comments:

Post a Comment